KONSTITUEN FEDERASI
Serikat Pekerja Pertamina-Unit Pemasaran I (SPP-UPms I Medan)
Serikat Pekerja Pertamina Seluruh Indonesia UPms I Tanjung Uban (SPPSI UPms I Tanjung Uban)
Serikat Pekerja Kilang Minyak Putri Tujuh (SP KMPT) RU II Dumai
Serikat Pekerja Pertamina Pemasaran & Niaga (SP3N) Sumbagsel
Serikat Pekerja Pertamina (SPP) RU III Plaju
Serikat Pekerja Pertamina Seluruh Indonesia (SPPSI) Jakarta
Serikat Pekerja Pertamina Unit Pemasaran III (SPP-UPms III) Jakarta
Serikat Pekerja Forum Komunikasi Pekerja & Pelaut Aktif (SP FKPPA) Jakarta
Serikat Pekerja PERSADA IV Jateng & DIY
Serikat Pekerja Pertamina Balongan Bersatu (SP PBB)RU VI Balongan
Serikat Pekerja Pertamina Patra Wijaya Kusuma (SPP PWK) RU IV Cilacap
Serikat Pekerja Pertamina Sepuluh November (SPPSN) MOR V Surabaya
Serikat Pekerja Mathilda Balikpapan
Serikat Pekerja Pertamina Celebes UPms VII Makassar
Serikat Pekerja Pertamina Kawasan Timur Indonesia (SPP KTI) RU VII Kasim
Serikat Pekerja Mutiara Jayapura
Serikat Pekerja Pertamina Geothermal Energy Jakarta (SP PGE Jakarta)
Serikat Pekerja Pertamina EP Jakarta (SP PEP Jakarta)

Pertamina – FSPPB Tandatangani PKB Periode 2019 – 2021

Jakartakita.com – PT Petamina (Persero) bersama Federasi Serikat PekerjaPertamina Bersatu (FSPPB) menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB) Periode2019 – 2021.

Penandatangan PKB Pertamina tersebut dilakukan Direktur UtamaPertamina, Nicke Widyawati dan Presiden FSPPB, Arie Gumilar yang disaksikanDirjen Pembinaan Hubungan Industrial & Jaminan Sosial KementerianKetenagakerjaan Haiyani Rumondang di Kantor Pusat Pertamina, Senin, 15 April2019.

Nicke Widyawati selaku Direktur Utama PT Pertamina Perseromengatakan, Perjanjian Kerja Bersama (PKB) ini menjadi pedoman serta sumberhukum bagi seluruh pekerja Pertamina dan pihak perusahaan dalam pelaksanaanpekerjaan yang dijalankan oleh para pekerja Pertamina.

“PKB ini sebagai mahakarya sekaligus komitmen bersama daripekerja dari Perusahaan. Penandatanganan PKB yang ke tujuh ini merupakan bentukartikulasi bersama antara Pertamina dan pekerjanya di dalam mengapresiasikiprah kerja yang telah dilakukan,” tutur Nicke dalam sambutannya di Gedung M,Pertamina Pusat, di Jakarta, Senin (15/4/2019).

Sementara itu, Arie Gumilar selaku Presiden FSPPB usaipenandatanganan di Gedung Pertamina Pusat mengatakan, “Sebetulnya PKB yang ke-6masih sisa dan akan berakhir pada tanggal 24 Mei 2019 mendatang. Namun karenaproses perundingan sudah selesai, maka tidak masalah dipercepat. Lebih baiktepat waktu, untuk hal baik tidak ada salahnya dipercepat, karena PKB baru initentunya lebih baik dari sebelumnya.”

Lebih lanjut Arie menilai, ada peningkatan benefit yangdidapat serikat pekerja pada Perjanjian Kerja ini, diantaranya pemberian sangsimenjadi lebih jelas dan rinci.

“Dalam hal benefit untuk pekerja ada banyakpeningkatan, banyak yang lebih baik. PKB ini amanat dari seluruh serikatpekerja yang didiskusikan dan dirembukkan dengan perusahaan. Alhamdulillah bisadiselesaikan dengan baik,” tambahnya.

Ditambahkan, keberhasilan atas disepakatinya PKB ini tentunyamerupakan bukti nyata yang tidak terbantahkan bahwa di Pertamina, hubunganantara manajemen dengan pekerja dan seluruh serikat pekerja telah berjalanharmonis.

Total waktu yang diperlukan hingga penandatanganan PKB adalah 7(tujuh) bulan yang selanjutnya akan menjadi siklus setiap dua tahunan sebagaikomitmen ketaatan Pertamina terhadap regulasi ketenagakerjaan sekaligus sebagaibagian penting untuk membangun salah satu sarana mewujudkan hubungan industrialyang harmonis, dinamis dan berkeadilan di Pertamina.

Tahapan menuju penandatanganan PKB Pertamina dan Pekerja inimeliputi; verifikasi keanggotaan serikat pekerja, pra-perundingan, perundinganPKB, dan finalisasi draf.

Proses yang dimulai sejak September 2018 – Maret 2019berlangsung kondusif dan konstruktif, karena telah terciptanya kesepahamansebelum memasuki meja perundingan serta adanya kesepakatan tema, yaitu; “PeranStrategis Pekerja dalam Menjaga Kelangsungan Bisnis Perusahaan”.

“Kami telah melalui rangkaian panjang melalui tahapan yang terusmengalami perbaikan di Pertamina dan dilaksanakan secara konsisten sehingga PKBPertamina dari tahun ke tahun mengalami perbaikan yang sekaligus mencerminkanperbaikan situasi hubungan industrial di Pertamina,” tegas Arie.

Asal tahu saja, PKB ini merupakan hasil kesepakatan bersamaantara Perusahaan dengan FSPPB yang mendapat mandat dari 16 serikat pekerjadengan total jumlah anggota sebanyak 8.757 pekerja atau sekitar 67 persen daritotal 12.930 pekerja Pertamina

 

Sumber : http://jakartakita.com/2019/04/15/pertamina-fsppb-tandatangani-pkb-periode-2019-2021/

16-Apr-2019 00:00:00
Dikirim Oleh : Administrator
SUARA AKTIVIS
Bambang RH
06-Jul-2015 07:43:57

BlOK MAHAKAM

Meski sudah 100% di katakan ...
Readmore

-
Rinson Gultom
30-Nov-1999 00:00:00

Sebagai Insan Pertamina yang bekerja di ...
Readmore

-
02-Jul-2015 08:15:22

Ditugaskan di Pertamina mau tidak mau, ...
Readmore

-
30-Jun-2015 06:51:10
FSPPB sebagai wadah bersatuanya Serikat Pekerja-Serikat Pekerja ...
Readmore
-
Adriwal
29-Jun-2015 08:58:46

Blok Mahakam adalah kepunyaan Bangsa Indonesia.

Untuk ...
Readmore

-
Noviandri
30-Nov-1999 00:00:00
Halo Aktivis
Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh
Salam sejahtera bagi kita ...
Readmore
-
26-Jun-2015 09:07:33
Melihat bahwa kemandirian Serikat Pekerja adalah syarat mutlak dalam membangun ...
Readmore
-
Abdul Halim
26-Jun-2015 09:09:43
Menjadi aktivis Serikat Pekerja merupakan suatu pilihan. Ketika sudah menceburkan ...
Readmore
-
< >