KONSTITUEN FEDERASI
Serikat Pekerja Pertamina-Unit Pemasaran I (SPP-UPms I Medan)
Serikat Pekerja Pertamina Seluruh Indonesia UPms I Tanjung Uban (SPPSI UPms I Tanjung Uban)
Serikat Pekerja Kilang Minyak Putri Tujuh (SP KMPT) RU II Dumai
Serikat Pekerja Pertamina Pemasaran & Niaga (SP3N) Sumbagsel
Serikat Pekerja Pertamina (SPP) RU III Plaju
Serikat Pekerja Pertamina Seluruh Indonesia (SPPSI) Jakarta
Serikat Pekerja Pertamina Unit Pemasaran III (SPP-UPms III) Jakarta
Serikat Pekerja Forum Komunikasi Pekerja & Pelaut Aktif (SP FKPPA) Jakarta
Serikat Pekerja PERSADA IV Jateng & DIY
Serikat Pekerja Pertamina Balongan Bersatu (SP PBB)RU VI Balongan
Serikat Pekerja Pertamina Patra Wijaya Kusuma (SPP PWK) RU IV Cilacap
Serikat Pekerja Pertamina Sepuluh November (SPPSN) MOR V Surabaya
Serikat Pekerja Mathilda Balikpapan
Serikat Pekerja Pertamina Celebes UPms VII Makassar
Serikat Pekerja Pertamina Kawasan Timur Indonesia (SPP KTI) RU VII Kasim
Serikat Pekerja Mutiara Jayapura
Serikat Pekerja Pertamina Geothermal Energy Jakarta (SP PGE Jakarta)
Serikat Pekerja Pertamina EP Jakarta (SP PEP Jakarta)

Hindari Politik Dagang Sapi, Serikat Pekerja Dorong Pengganti Dirut Pertamina Power dari Internal

JAKARTA– Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu(FSPPB) mendorong agar direksi anak perusahaan PT Pertamina (Persero), badanusaha milik negara di sektor energi terintegrasi, diisi dari intern Pertamina,menurut Ketua Federasi. Pencopotan direktur utama PT Pertamina Power Indonesia(PPI) Ginanjar Sofyan diharapkan tidak menimbulkan politik dagang sapi karenaFSPPB akan masalah tersebut dengan saksama.

“Kami sudah dengarperihal pencopotan Dirut PPI dan itu benar. Namun pergantian Direksi PPIsepenuhnya hak pemegang saham dalam hal ini direksi Pertamina,” ujar ArieGumilar, Pesiden FSPPB kepada Dunia-Energi, Minggu (3/11).

Arie mengaku diamendapatkan kabar bahwa Ginanjar Sofyan berseteru dengan Marubeni, anggotakonsorsium proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap Jawa 1 di Cilamaya, Karawang.Namun, permasalahan intinya belum dia dalami. “Masa berlakunya black listMarubeni sudah terlewati sehingga bisa dipilih kembali, Tetapi kalau malahbikin kisruh, Pertamina bisa saja kembali mem-black list,” katanya.

Dia menjelaskan,pergantian manajemen dalam perusahaan itu hal biasa, tidak terlalu berdampakterhadap proyek. Proyek PLTGU Jawa 1 tetap jalan. “Kami yakin teman-teman diPPI masih komit, InSya Allah,” katanya.

Direksi Pertamina telahresmi mencopot Ginanjar Sofyan dari jabatan Direktur Utama PPI. Suratpemberhentian Ginanjar pun sudah diteken Direksi PT Pertamina (Persero) belumlama ini. Dalam surat yang sama, tertulis juga Ginanjar dibebastugaskan darijabatan Dirut Konsorsium PLTGU Jawa-1.
Pencopotan tersebut diduga terkait “perseteruan” Ginanjar dengan Marubeni,perusahaan Jepang yang jadi mitra PPI di proyek PLTGU Jawa 1 berkapasitas 1.760megawatt yang dibangun di Cilamaya, Kabupaten Karawang.

Pencopotan Ginanjardipertanyakan sementara kalangan karena sarjana ekonomi dari UniversitasPadjadjaran itu memiliki kinerja sangat baik. Hal itu terbukti darikemampuannya menjaring investor luar terutama Jepang, dan mengelola menjadimitra PPI dalam konsorsium, serta mengelola lebih dari 20 partners pendukungdomestik dan internarional dalam pengembangan PLTGU Jawa 1. Ginanjar juga dalamwaktu cepat (14 bulan) berhasil melakukan financial close dengan lenders yangdipimpin oleh Japan Bank for International Cooperarion (JBIC).

Pencopotan Ginanjar juganilai terkait sikap yang bersangkutan berseberangan dengan Marubeni. Perusahaanasal Jepang itu dinilai tidak mengedepankan etika bisnis, isu tingkat kandungandalam negeri (TKDN), serta efisiensi biaya proyek, dan perrgantian operatorFSRU dari Belgia (Exmar) oleh Perusahan Jepang lainnya (Mitsui OSK Line/MOL).

PLTGU Jawa 1berkapasitas 1.760 megawatt (MW) ditargetkan mulai beroperasi komersial padaakhir 2021. PLTGU Jawa 1 merupakan proyek pembangkit terintegrasi denganFloating Storage Regasification Unit (FSRU).

Pembangunan kapal FSRUJawa 1 juga telah dimulai di galangan kapal Samsung Heavy Industries Busan, diKorea Selatan. Kapal FSRU memiliki kapasitas kargo penyimpanan liquefiednatural gas (LNG) sebesar 170.150 m3 dengan kapasitas unit regasifikasi 300MMSCFD.

Kapal FSRU Jawa 1direncanakan selesai pada Desember 2020 dan direncanakan memasuki perairanIndonesia pada pertengahan Januari 2021. Total investasi proyek PLTGU Jawa 1mencapai US$1,8 miliar. Sebesar US$300 juta-US$400 juta di antaranya untukFSRU. (RA)

Sumber : https://www.dunia-energi.com/hindari-politik-dagang-sapi-serikat-pekerja-dorong-pengganti-dirut-pertamina-power-dari-internal/

04-Nov-2019 00:00:00
Dikirim Oleh : Administrator
SUARA AKTIVIS
Bambang RH
06-Jul-2015 07:43:57

BlOK MAHAKAM

Meski sudah 100% di katakan ...
Readmore

-
Rinson Gultom
30-Nov-1999 00:00:00

Sebagai Insan Pertamina yang bekerja di ...
Readmore

-
02-Jul-2015 08:15:22

Ditugaskan di Pertamina mau tidak mau, ...
Readmore

-
30-Jun-2015 06:51:10
FSPPB sebagai wadah bersatuanya Serikat Pekerja-Serikat Pekerja ...
Readmore
-
Adriwal
29-Jun-2015 08:58:46

Blok Mahakam adalah kepunyaan Bangsa Indonesia.

Untuk ...
Readmore

-
Noviandri
30-Nov-1999 00:00:00
Halo Aktivis
Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh
Salam sejahtera bagi kita ...
Readmore
-
26-Jun-2015 09:07:33
Melihat bahwa kemandirian Serikat Pekerja adalah syarat mutlak dalam membangun ...
Readmore
-
Abdul Halim
26-Jun-2015 09:09:43
Menjadi aktivis Serikat Pekerja merupakan suatu pilihan. Ketika sudah menceburkan ...
Readmore
-
< >

Selamat Datang

website ini telah dikunjungi

1200

kali