KONSTITUEN FEDERASI
Serikat Pekerja Pertamina-Unit Pemasaran I (SPP-UPms I Medan)
Serikat Pekerja Pertamina Seluruh Indonesia UPms I Tanjung Uban (SPPSI UPms I Tanjung Uban)
Serikat Pekerja Kilang Minyak Putri Tujuh (SP KMPT) RU II Dumai
Serikat Pekerja Pertamina Pemasaran & Niaga (SP3N) Sumbagsel
Serikat Pekerja Pertamina (SPP) RU III Plaju
Serikat Pekerja Pertamina Seluruh Indonesia (SPPSI) Jakarta
Serikat Pekerja Pertamina Unit Pemasaran III (SPP-UPms III) Jakarta
Serikat Pekerja Forum Komunikasi Pekerja & Pelaut Aktif (SP FKPPA) Jakarta
Serikat Pekerja PERSADA IV Jateng & DIY
Serikat Pekerja Pertamina Balongan Bersatu (SP PBB)RU VI Balongan
Serikat Pekerja Pertamina Patra Wijaya Kusuma (SPP PWK) RU IV Cilacap
Serikat Pekerja Pertamina Sepuluh November (SPPSN) MOR V Surabaya
Serikat Pekerja Mathilda Balikpapan
Serikat Pekerja Pertamina Celebes UPms VII Makassar
Serikat Pekerja Pertamina Kawasan Timur Indonesia (SPP KTI) RU VII Kasim
Serikat Pekerja Mutiara Jayapura
Serikat Pekerja Pertamina Geothermal Energy Jakarta (SP PGE Jakarta)
Serikat Pekerja Pertamina EP Jakarta (SP PEP Jakarta)

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu Tolak Ahok Sebagai Bos Pertamina

Jakarta - Semestinya pemerintah bisa lebih bijakmemutuskan penempatan  Direksi Pertamina. Apalagi sosok yang kabarnya akanmenduduki posisi strategis di salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN)mendapat resistensi publik secara luas.

Demikian disampaikanDicky Firmansyah, Sekretaris Jenderal (Sekjend) Federasi Serikat PertaminaBersatu (FSPPB), kepada wartawan, di Jakarta, Senin (18/11/2019). 

Seperti diketahui,Basuki Tjahaja Purnama alias  Ahok, disebut-sebut akan menduduki DirekturUtama (Dirut) /Komisaris PT Pertamina (Persero). Ahok pekan lalu telah diundangke Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Ahok yang isunya akanditempatkan sebagai petinggi Pertamina memilik resistensi tinggi darimasyarakat,” kata Dicky. 

Lebih lanjut Dicky menyatakan FSPPB tetap profesional dan menghormati apa pun keputusanPemerintah. Ia mengaku pihaknya tidak punya otoritas mengusulkan nama direksi.Tetapi bisa memberi masukan.

"Jika nanti Ahok benar-benar menjabat Dirut Pertamina, kami akan lakukan langkah-langkahyang sesuai dengan koridor hukum dan  menempuh jalan industrial, tapisaya berharap ini tidak terjadi, ini adalah pilihan terakhir,"tegas  Dicky.

Selain  itu,pihaknya juga akan berkorespondensi dan beraudiensi dengan dengan Menteri BUMNdan anggota Komisi VII DPR untuk menyampaikan second opinion.

Berkaitandengan isu rencana pergantian susunan direksi/komisaris PT. Pertamina(Persero), FSPPB secara resmi menyampaikan sikap sebagai berikut:

 

Pertama;  PT. Pertamina(Persero) adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki peranstrategis, yang memiliki asset luar biasa, yang bertanggungjawab melayani hajathidup rakyat banyak, yang tetap dituntut menghasilkan keuntungan untuk negara,sehingga harus dipimpin oleh orang yang tepat, bukan hanya professional, jujur,bersih, berani, tapi juga berintegritas tinggi, yang sanggup memimpin danmemberikan contoh teladan yang baik bagi seluruh pekerja PT. Pertamina(Persero).

Kedua; pemilihan pemimpin PT. Pertamina(Persero) harus dipilih dengan sangat hati-hati serta mempertimbangkan segalaaspek seperti tertuang dalam Permen BUMN Nomor PER-03/MBU/02/2015, mulai darilatar belakangnya, pengalaman kerja dan prestasinya di bidang korporasi,pemahaman terhadap isu-isu strategis dalam proses bisnis migas dari hulu kehilir, berperilaku yang baik, berdedikasi yang tinggi untuk tercapainya visidalam industri energi dunia, yang semua ini merupakan persyaratan materiildalam menjadi pimpinan BUMN.

Kemampuannyadalam mengelola asset negara yang demikian besar termasuk bagaimanakemampuannya memimpin dan bekerjasama dengan seluruh komponen utama diperusahaan. Prinsip The Right Man on The Right Place akan selalu menjadi tolokukur akan dibawa kemana perusahaan ini dimasa mendatang.

Ketiga; rencana penempatan Basuki TjahajaPurnama sebagai pimpinan BUMN akan berpotensi cacat persyaratan materiil dimanarekam jejak Ybs. tidak mencerminkan perilaku yang baik dan tidak memilikipengalaman dalam mengelola bidang bisnis migas dari hulu sampai hilir.

PemilihanSdr. Basuki Tjahaja Purnama tersebut merupakan suatu preseden buruk bagiperusahaan yang kami cintai dan kami banggakan ini, karena rekam jejaknya tidakmemenuhi kriteria seperti yang tersebut di atas dan akan mengganggu penegakanGood Corporate Governance (GCG) di PT. PERTAMINA (PERSERO) dan tertuang didalam tata nilai perusahaan 6C yaitu Clean, Confident, Commercial, Competitive,Customer Fokus dan Capable.

Salahsatu tata nilai fundamental bagi seluruh insan Pertamina adalah “clean”, makaPimpinan Pertamina haruslah bersih dari segala macam track record negatif yangbisa menyebabkan hal kontraproduktif bagi korporasi, juga termasuk namun tidakterbatas adanya dugaan tindak pidana korupsi dimasa lalu dan tidak bolehmempunyai catatan pidana apapun, sebagaimana Pekerja Pertamina diberipersyaratan dimaksud untuk bisa bekerja di PT. Pertamina (Persero). Sebagaimanayang terdapat di dalam asas hukum “Equality Before Of The Law”, yaitu semuasama perlakuan dimata hukum.

Keempat; Federasi Serikat PekerjaPertamina Bersatu (FSPPB) beranggotakan 19 Serikat Pekerja Pertamina dariSabang sampai Merauke dengan beraneka ragam suku dan budaya serta agama adalahwadah bagi para pekerja PT. Pertamina (Persero) dalam melakukan sinergi dankomunikasi dengan perusahaan, sebagaimana tertuang dalam Perjanjian KerjaBersama (PKB) untuk ikut menjaga keberlangsungan bisnis perusahaan, termasukmemberikan saran, masukan dan pertimbangan termasuk mengingatkan kepadapemangku kebijakan, khususnya pemerintah yang diwakili oleh Menteri BUMN dalammenentukan, memutuskan maupun menunjuk Dewan Direksi dan Komisaris.

FSPPBdalam menjalankan peran dan tugasnya tidak berafiliasi ke organisasi ataupergerakan manapun kecuali ke KSPMI (Konfederasi Serikat Pekerja MigasIndonesia).

Kelima; Federasi Serikat Pekerja Pertamina(FSPPB) selalu mendukung pemimpin terbaik, kompeten dan paham tentang PT.Pertamina (Persero) serta memenuhi persyaratan materiil dan persyaratan lainnyatersebut di atas.

Keenam; berdasarkan hal-hal tersebut di atas,kami yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB)menyatakan sikap Penolakan terhadap rencana penempatan Basuki Tjahaja Purnamauntuk menjadi salah satu pimpinan di PT. Pertamina (Persero).

Apabilasikap kami tidak mendapatkan tanggapan yang positif, kami akan mengambillangkah-langkah yang diperlukan guna menjaga keberlangsungan bisnis PT.Pertamina (Persero) dan menjaga kedaulatan energi.

Sumber : http://ishlahnews.com/ishlahnews/berita/detail/federasi-serikat-pekerja-pertamina-bersatu-tolak-ahok-sebagai-bos-pertamina

19-Nov-2019 00:00:00
Dikirim Oleh : Administrator
SUARA AKTIVIS
Bambang RH
06-Jul-2015 07:43:57

BlOK MAHAKAM

Meski sudah 100% di katakan ...
Readmore

-
Rinson Gultom
30-Nov-1999 00:00:00

Sebagai Insan Pertamina yang bekerja di ...
Readmore

-
02-Jul-2015 08:15:22

Ditugaskan di Pertamina mau tidak mau, ...
Readmore

-
30-Jun-2015 06:51:10
FSPPB sebagai wadah bersatuanya Serikat Pekerja-Serikat Pekerja ...
Readmore
-
Adriwal
29-Jun-2015 08:58:46

Blok Mahakam adalah kepunyaan Bangsa Indonesia.

Untuk ...
Readmore

-
Noviandri
30-Nov-1999 00:00:00
Halo Aktivis
Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh
Salam sejahtera bagi kita ...
Readmore
-
26-Jun-2015 09:07:33
Melihat bahwa kemandirian Serikat Pekerja adalah syarat mutlak dalam membangun ...
Readmore
-
Abdul Halim
26-Jun-2015 09:09:43
Menjadi aktivis Serikat Pekerja merupakan suatu pilihan. Ketika sudah menceburkan ...
Readmore
-
< >

Selamat Datang

website ini telah dikunjungi

664

kali