KONSTITUEN FEDERASI
Serikat Pekerja Pertamina-Unit Pemasaran I (SPP-UPms I Medan)
Serikat Pekerja Pertamina Seluruh Indonesia UPms I Tanjung Uban (SPPSI UPms I Tanjung Uban)
Serikat Pekerja Kilang Minyak Putri Tujuh (SP KMPT) RU II Dumai
Serikat Pekerja Pertamina Pemasaran & Niaga (SP3N) Sumbagsel
Serikat Pekerja Pertamina (SPP) RU III Plaju
Serikat Pekerja Pertamina Seluruh Indonesia (SPPSI) Jakarta
Serikat Pekerja Pertamina Unit Pemasaran III (SPP-UPms III) Jakarta
Serikat Pekerja Forum Komunikasi Pekerja & Pelaut Aktif (SP FKPPA) Jakarta
Serikat Pekerja PERSADA IV Jateng & DIY
Serikat Pekerja Pertamina Balongan Bersatu (SP PBB)RU VI Balongan
Serikat Pekerja Pertamina Patra Wijaya Kusuma (SPP PWK) RU IV Cilacap
Serikat Pekerja Pertamina Sepuluh November (SPPSN) MOR V Surabaya
Serikat Pekerja Mathilda Balikpapan
Serikat Pekerja Pertamina Celebes UPms VII Makassar
Serikat Pekerja Pertamina Kawasan Timur Indonesia (SPP KTI) RU VII Kasim
Serikat Pekerja Mutiara Jayapura
Serikat Pekerja Pertamina Geothermal Energy Jakarta (SP PGE Jakarta)
Serikat Pekerja Pertamina EP Jakarta (SP PEP Jakarta)

SPPPWK Cilacap tolak calon direksi/komisaris miliki rekam jejak buruk

Saat membacakan pernyataaan sikap, Ketua Bidang Informasi danKomunikasi SPPPWK Bimada Gurit P. mengatakan Serikat Pekerja Pertamina adalahorganisasi yang independen, profesional, serta tidak berafiliasi pada kelompokdan kepentingan tertentu, hanya tunduk pada anggaran dasar/anggaran rumahtangga (AD/ART) organisasi.

Menurut dia, SPPPWK bersama anggota Serikat Pekerja Pertaminadi seluruh Indonesia masih solid di bawah koordinasi Federasi Serikat PekerjaPertamina Bersatu (FSPPB).


"Sebagaimana sebelumnya, SPP.PWK berkomitmen untukselalu kritis dalam proses pemilihan jajaran direksi/komisaris untukmendapatkan jajaran direksi yang jujur, kuat, berani, dan tidak lagi mencarikekayaan dari jabatannya, jauh dari kepentingan politik dan kekuatan tertentu,mengutamakan kepentingan perusahaan dan negara, aspiratif terhadap suara dankepentingan pekerja," katanya.

Ia mengatakan serikat pekerja tidak berkepentingan menolakmasuknya orang per orang, namun menolak dengan tegas karakter, sikap, dan latarbelakang yang tidak sesuai dengan kebutuhan dalam jajaran direksi/komisarisPertamina.


Menurut dia, serikat pekerja menolak tegas siapa pun calondireksi yang memiliki rekam jejak buruk, yang masih tersangkut kasus korupsi,serta para calon yang secara hukum pernah berstatus sebagai narapidana.

"Sikap penolakan serikat pekerja tersebut semata-matadidasari pada tuntutan profesionalisme, berdasarkan Peraturan Menteri BUMNNomor PER-03/MBU/02/2015 dinyatakan bahwa siapa pun yang masuk ke jajarandireksi/komisaris harus mempunyai keahlian, integritas, kepemimpinan,pengalaman, jujur, berperilaku yang baik, serta berdedikasi yang tinggi untukmemajukan dan mengembangkan perusahaan," kata Bimada.


Ia mengatakan serikat pekerja mendorong Kementerian BUMNdengan nakhoda Menteri BUMN yang baru untuk tidak lagi melempar wacana yangmenimbulkan polemik di masyarakat.

Menurut dia, hal itu karena masih banyak pekerjaan rumahBUMN, baik terkait dengan sinergitas antar-BUMN maupun BUMN yang masih merugi,yang perlu segera diselesaikan, serta mendorong lahirnya gagasan-gagasan besaruntuk memajukan BUMN agar terpandang di tingkat nasional maupun internasional.

"Kepada seluruh anggota SPPPWK, pekerja Pertamina RU IV, danmasyarakat agar tidak terpancing dengan berita-berita yang menggoreng isuseolah-olah sikap Serikat Pekerja terhadap proses pemilihan dewan direksi danjajaran komisaris didasarkan unsur SARA. Framing seperti ini mengerdilkanperjuangan FSPPB yang telah terbukti selalu mengawal setiap kebijakan demitetap terjaganya eksistensi bisnis Pertamina," katanya.

"Itu karena semua konstituen, yakni 19 serikat pekerjadi bawah FSPPB adalah satu derap langkah dan satu perkataan, satu tujuan yangsama," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal SPPPWK Cilacap Dwi Jatmokomengatakan telah banyak yang dilakukan oleh serikat pekerja, namun baru kaliini menjadi heboh.

"Kenapa kok hal-hal yang sama, yang pernah dilakukankami, kok baru sekarang sangat hebohnya. Itu yang memberi keprihatinan kepadakami sehingga itu sedikit mengganggu kenyamanan kami dalam bekerja,"katanya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya menggelar konferensi persuntuk menyampaikan bahwa serikat pekerja selalu bersikap kritis sejak tahun2014.

Menurut dia, penolakan terhadap calon direksi/komisarisseperti yang dimaksud oleh serikat pekerja itu disebabkan Pertamina merupakanperusahaan bonafide yang sudah termasuk global fortune.

"Apa jadinya kalau komisaris, direksi, diisi olehorang-orang yang tidak kompeten, yang rekam jejaknya sangat diragukan,"katanya.

Disinggung mengenai Presiden FSPPB Arie Gumilar yang menjadisorotan di media sosial, dia mengatakan pihaknya tidak mau mengomentari haltersebut karena itu sudah menyangkut perorangan.

Dia mengaku tidak mau mempercayai hal-hal yang tidak memilikidasar termasuk jika disebar melalui media sosial dengan nama yang tidak jelas.

Dalam sejumlah pemberitaan termasuk cuitan di media sosial,Presiden FSPPB Arie Gumilar disebut-sebut mengikuti aksi 212 dan terlibat utangpada salah satu tempat karaoke di Cilacap maupun berbagai komentar miringterkait sosok mantan Ketua SPPPWK Cilacap itu.

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/1168411/spppwk-cilacap-tolak-calon-direksi-komisaris-miliki-rekam-jejak-buruk

 

19-Nov-2019 00:00:00
Dikirim Oleh : Administrator
SUARA AKTIVIS
Bambang RH
06-Jul-2015 07:43:57

BlOK MAHAKAM

Meski sudah 100% di katakan ...
Readmore

-
Rinson Gultom
30-Nov-1999 00:00:00

Sebagai Insan Pertamina yang bekerja di ...
Readmore

-
02-Jul-2015 08:15:22

Ditugaskan di Pertamina mau tidak mau, ...
Readmore

-
30-Jun-2015 06:51:10
FSPPB sebagai wadah bersatuanya Serikat Pekerja-Serikat Pekerja ...
Readmore
-
Adriwal
29-Jun-2015 08:58:46

Blok Mahakam adalah kepunyaan Bangsa Indonesia.

Untuk ...
Readmore

-
Noviandri
30-Nov-1999 00:00:00
Halo Aktivis
Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh
Salam sejahtera bagi kita ...
Readmore
-
26-Jun-2015 09:07:33
Melihat bahwa kemandirian Serikat Pekerja adalah syarat mutlak dalam membangun ...
Readmore
-
Abdul Halim
26-Jun-2015 09:09:43
Menjadi aktivis Serikat Pekerja merupakan suatu pilihan. Ketika sudah menceburkan ...
Readmore
-
< >

Selamat Datang

website ini telah dikunjungi

658

kali