KONSTITUEN FEDERASI
Serikat Pekerja Pertamina-Unit Pemasaran I (SPP-UPms I Medan)
Serikat Pekerja Pertamina Seluruh Indonesia UPms I Tanjung Uban (SPPSI UPms I Tanjung Uban)
Serikat Pekerja Kilang Minyak Putri Tujuh (SP KMPT) RU II Dumai
Serikat Pekerja Pertamina Pemasaran & Niaga (SP3N) Sumbagsel
Serikat Pekerja Pertamina (SPP) RU III Plaju
Serikat Pekerja Pertamina Seluruh Indonesia (SPPSI) Jakarta
Serikat Pekerja Pertamina Unit Pemasaran III (SPP-UPms III) Jakarta
Serikat Pekerja Forum Komunikasi Pekerja & Pelaut Aktif (SP FKPPA) Jakarta
Serikat Pekerja PERSADA IV Jateng & DIY
Serikat Pekerja Pertamina Balongan Bersatu (SP PBB)RU VI Balongan
Serikat Pekerja Pertamina Patra Wijaya Kusuma (SPP PWK) RU IV Cilacap
Serikat Pekerja Pertamina Sepuluh November (SPPSN) MOR V Surabaya
Serikat Pekerja Mathilda Balikpapan
Serikat Pekerja Pertamina Celebes UPms VII Makassar
Serikat Pekerja Pertamina Kawasan Timur Indonesia (SPP KTI) RU VII Kasim
Serikat Pekerja Mutiara Jayapura
Serikat Pekerja Pertamina Geothermal Energy Jakarta (SP PGE Jakarta)
Serikat Pekerja Pertamina EP Jakarta (SP PEP Jakarta)

DEM Aceh Selenggarakan Seminar Kedaulatan Energi Nasional

Jakarta,Portonews.com – DewanEnergi Mahasiswa (DEM) Aceh mengawali kegiatan perdana di awal 2020 denganmenyelenggarakan Seminar Nasional yang bertajuk “Mengokohkan Peran Mahasiswadalam Mempertahankan Kedaulatan Energi Agar Terwujud Pasal 33 UUD 1945 yangdijiwai Semangat Ideologi Pancasila” pada (10/1/2020) di Gedung Multipurpose,PT Perta Arun Gas, Lhokseumawe. Seminar ini dipandu oleh Firdaus Noezula,alumni Unimal yang saat ini sedang menempuh program magister di IPB Bogor.

Tampil sebagai narasumber empat pembicara diantaranya: Triharsa Adicahya (Co-founder BaranEnergy); Dr. Adi Setiawan, MT. (Ketua Program Pascasarjana Teknik EnergiTerbarukan Unimal); Arie Gumilar (Presiden Federasi Serikat Pekerja PertaminaBersatu); dan
Ugan Gandar (Aktivis Kedaulatan Energi yang juga mantan Presiden SerikatPekerja Pertamina Bersatu). Acara ini dihadiri sekitar 200 orang peserta.

Dalam laporan singkat,Ketua Panitia, Jhosua Saragih menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihakyang telah hadir dan mensukseskan kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya,Ketua DEM Aceh, Didi Supriadi menyampaikan Indonesia merupakan negara kepulauanyang berada di garis khatulistiwa dan memiliki sumber daya alam sangat melimpahuntuk pengembangan energi terbarukan. Dia juga mengajak seluruh peserta seminarmenyadari energi untuk kepentingan bersama demi mewujudkan kedaulatan energiyang tertuang dalam konstisusi pasal 33 UUD 45.

“Aceh merupakan daerahyang sangat kaya sumber daya alamnya, dan itu bisa kita tinjau dari segi manapun, baik dari sejarah maupun dari apa yang kita lihat sekarang, maka sangatdisayangkan jika kekayaan sumber daya alam Aceh tidak dinikmati oleh masyarakatAceh sendiri. Maka dari sini kita pemuda Aceh, harus sadar bahwa kita kaya danjangan sampai kekayaan energi yang kita miliki hanya dikuasai oleh segelintir,”kata Didi Supriadi

Selain itu JhosuaSaragih, Ketua Panitia Seminar, mengatakan bahwa kegiatan seminar ini merupakanbentuk aksi nyata penyadaran energi sejak dini untuk mewujudkan kedaulatanenergi yang tertuang dalam konstisusi pasal 33 UUD 45.

Turut hadir dalamkegiatan seminar ini perwakilan pengurus DEM dari Sulawesi Utara, SerangBanten, Banyumas, Riau dan Sumatera Utara, Perwakilan BEM Aceh, PengurusHimpunan Mahasiswa Jurusan serta lembaga eksternal kampus.

Dalam presentasinya,Triharsa Adicahya yang akrab disapa Mas Adi menceritakan bagaimana perjalananstart-up Baran Energy yang bergerak di bidang perakitan dan pengemasan baterailithium. Peluang dan prospek bisnis energy storage berbasis bahan lithiumsangat menjanjikan seiring dengan perkembangan yang sangat pesat di bidangkendaraan listrik dan energi surya.

Sedang Dr. AdiSetiawan dalam seminar ini memaparkan sejumlah sumber-sumber potensial energiyang ada di Indonesia, opsi teknologi konversi energi serta peran-peran pentingyang perlu dimainkan oleh mahasiswa dalam rangka mempertahankan kedaulatanenergi. Pembicara ketiga, Arie Gumilar dalam presentasinya memaparkan sebuahbangsa yang kuat dan mandiri harus memiliki ketahanan dari sisi energi, sertabisa memanfaatkan kekuatan energi tersebut.

Sedang Ugan Gandarmemberikan pencerahan bahwa mahasiswa dari setiap disiplin ilmu mempunyai peranpenting dalam pengelolaan energi di Indonesia. Oleh karena itu, kata Ugan,perlu sinergitas dari seluruh komponen, khususnya semangat mahasiswa untukterus menjaga, memelihara hingga memperjuangkan energi nasional. Sebab negeriini memiliki potensi sumber energi terbarukan yang besar, dan harus sanggupmengelola dan menjaganya.

Acara ini diakhiridengan penyerahan cendera mata dan sertifikat kepada pemateri, yang dilanjutkandengan sesi foto bersama.

 

Sumber :https://www.portonews.com/2020/laporan-utama/dem-aceh-selenggarakan-seminar-kedaulatan-energi-nasional/

13-Jan-2020 00:00:00
Dikirim Oleh : Administrator
SUARA AKTIVIS
Bambang RH
06-Jul-2015 07:43:57

BlOK MAHAKAM

Meski sudah 100% di katakan ...
Readmore

-
Rinson Gultom
30-Nov-1999 00:00:00

Sebagai Insan Pertamina yang bekerja di ...
Readmore

-
02-Jul-2015 08:15:22

Ditugaskan di Pertamina mau tidak mau, ...
Readmore

-
30-Jun-2015 06:51:10
FSPPB sebagai wadah bersatuanya Serikat Pekerja-Serikat Pekerja ...
Readmore
-
Adriwal
29-Jun-2015 08:58:46

Blok Mahakam adalah kepunyaan Bangsa Indonesia.

Untuk ...
Readmore

-
Noviandri
30-Nov-1999 00:00:00
Halo Aktivis
Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh
Salam sejahtera bagi kita ...
Readmore
-
26-Jun-2015 09:07:33
Melihat bahwa kemandirian Serikat Pekerja adalah syarat mutlak dalam membangun ...
Readmore
-
Abdul Halim
26-Jun-2015 09:09:43
Menjadi aktivis Serikat Pekerja merupakan suatu pilihan. Ketika sudah menceburkan ...
Readmore
-
< >

Selamat Datang

website ini telah dikunjungi

317

kali