KONSTITUEN FEDERASI
Serikat Pekerja Pertamina-Unit Pemasaran I (SPP-UPms I Medan)
Serikat Pekerja Pertamina Seluruh Indonesia UPms I Tanjung Uban (SPPSI UPms I Tanjung Uban)
Serikat Pekerja Kilang Minyak Putri Tujuh (SP KMPT) RU II Dumai
Serikat Pekerja Pertamina Pemasaran & Niaga (SP3N) Sumbagsel
Serikat Pekerja Pertamina (SPP) RU III Plaju
Serikat Pekerja Pertamina Seluruh Indonesia (SPPSI) Jakarta
Serikat Pekerja Pertamina Unit Pemasaran III (SPP-UPms III) Jakarta
Serikat Pekerja Forum Komunikasi Pekerja & Pelaut Aktif (SP FKPPA) Jakarta
Serikat Pekerja PERSADA IV Jateng & DIY
Serikat Pekerja Pertamina Balongan Bersatu (SP PBB)RU VI Balongan
Serikat Pekerja Pertamina Patra Wijaya Kusuma (SPP PWK) RU IV Cilacap
Serikat Pekerja Pertamina Sepuluh November (SPPSN) MOR V Surabaya
Serikat Pekerja Mathilda Balikpapan
Serikat Pekerja Pertamina Celebes UPms VII Makassar
Serikat Pekerja Pertamina Kawasan Timur Indonesia (SPP KTI) RU VII Kasim
Serikat Pekerja Mutiara Jayapura
Serikat Pekerja Pertamina Geothermal Energy Jakarta (SP PGE Jakarta)
Serikat Pekerja Pertamina EP Jakarta (SP PEP Jakarta)

DEM Aceh Gelar Seminar: Peran Mahasiswa dalam Mempertahankan Kedaulatan Energi

Tanganrakyat.id,Banda Aceh – Dewan Energi Mahasiswa Aceh mengawali kegiatan perdana di awaltahun 2020 dengan menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “MengokohkanPeran Mahasiswa dalam Mempertahankan Kedaulatan Energi agar Terwujud Pasal 33UUD 1945 yang dijiwai Semangat Ideologi Pancasila” Jum’at, (10/1/2020) diGedung Multipurpose, PT Perta Arun Gas, Lhokseumawe.

Seminar ini dipandu oleh Firdaus Noezula, alumniUnimal yang saat ini sedang menempuh program magister di IPB Bogor. Dalamseminar tersebut menghadirkan nara sumber: 1. Triharsa Adicahya (Co-founderBaran Energy);
2. Dr. Adi Setiawan, MT. (Ketua Program Pascasarjana Teknik Energi TerbarukanUnimal); 3. Arie Gumilar (Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina bersatu);dan 4. Ugan Gandar (Aktivis Kedaulatan Energi yang juga mantan Presiden SerikatPekerja Pertamina Bersatu).

Ketua Panitia, Jhosua Saragih menyampaikan bahwaseminar ini dihadiri oleh 200 peserta dari pengurus DEM Sulawesi Utara, SerangBanten, Banyumas, Riau dan Sumatera Utara kemudian dan perwakilan berbagaiunsur organisasi juga Perwakilan BEM yang ada di Aceh, pengurus Himpunanmahasiswa jurusan serta lembaga eksternal kampus, di akhir sambutannya ketuapanitia juga mengucapkan terimkasih kepada seluruh pihak yang telahmenyukseskan kegiatan seminar.

Sedangkan Ketua DEM Aceh, Didi Supriadi dalamsambutannya mengatakan Indonesia merupakan negara kepulauan yang berada digaris khatulistiwa dan sangat melimpah untuk dikembangkan energi terbarukan.Beliau juga mengajak seluruh peserta seminar untuk sadar akan energi untukkepentingan kita bersama mewujudkan kedaulatan energi yang tertuang dalamkonstisusi kita pasal 33 uud 45.

“ Aceh merupakan daerah yang sangat kaya sumberdaya alam nya, dan itu bisa kita tinjau dari segi manapun, baik dari sejarahmaupun dari apa yang kita lihat sekarang, maka sangat disayangkan jika kekayaansumber daya alam aceh tidak dinikmati oleh masyarakat aceh sendiri. Maka darisini kita pemuda aceh, harus sadar bahwa kita kaya dan jangan sampai kekayaanenergi yang kita miliki hanya dikuasai oleh segelintir.” ujar didi.

Nara sumber Triharsa Adicahya menceritakanbagaimana perjalanan start-up Baran Energy yang bergerak di bidang perakitandan pengemasan baterai Lithium. Peluang dan prospek bisnis energy storageberbasis bahan lithium ini sangat menjanjikan seiring dengan perkembangan yangsangat pesat di bidang kendaraan listrik dan energi surya. Dr. Adi Setiawan dalamseminar ini memaparkan sejumlah sumber-sumber potensial energi yang ada diIndonesia, opsi teknologi konversi energi serta peran-peran penting yang perludimainkan oleh mahasiswa dalam rangka mempertahankan kedaulatan energi.

Pembicara ketiga, Arie Gumilar dalampresentasinya memaparkan sebuah bangsa yang kuat dan mandiri harus memilikiketahanan dari sisi energi, serta bisa memanfaatkan kekuatan energi tersebut.

Di tempat yang sama nara sumber Ugan Gandarmemberikan kesadaran bahwasanya mahasiswa dari setiap disiplin ilmu mempunyaiperan penting dalam pengelolaan energi di Indonesia. Oleh karna itu, perlusinergitas dari seluruh komponen khususnya semangat mahasiswa mulai menjaga,memelihara hingga memperjuangkan energi nasional melihat Indonesia itu memilikipotensi sumber energi terbarukan yang besar, dan kita harus sanggup mengola danmenjaganya. (Editor: KkP)

 

Sumber :https://www.tanganrakyat.id/2020/01/11/dem-aceh-gelar-seminar-peran-mahasiswa-dalam-mempertahankan-kedaulatan-energi/

13-Jan-2020 00:00:00
Dikirim Oleh : Administrator
SUARA AKTIVIS
Bambang RH
06-Jul-2015 07:43:57

BlOK MAHAKAM

Meski sudah 100% di katakan ...
Readmore

-
Rinson Gultom
30-Nov-1999 00:00:00

Sebagai Insan Pertamina yang bekerja di ...
Readmore

-
02-Jul-2015 08:15:22

Ditugaskan di Pertamina mau tidak mau, ...
Readmore

-
30-Jun-2015 06:51:10
FSPPB sebagai wadah bersatuanya Serikat Pekerja-Serikat Pekerja ...
Readmore
-
Adriwal
29-Jun-2015 08:58:46

Blok Mahakam adalah kepunyaan Bangsa Indonesia.

Untuk ...
Readmore

-
Noviandri
30-Nov-1999 00:00:00
Halo Aktivis
Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh
Salam sejahtera bagi kita ...
Readmore
-
26-Jun-2015 09:07:33
Melihat bahwa kemandirian Serikat Pekerja adalah syarat mutlak dalam membangun ...
Readmore
-
Abdul Halim
26-Jun-2015 09:09:43
Menjadi aktivis Serikat Pekerja merupakan suatu pilihan. Ketika sudah menceburkan ...
Readmore
-
< >

Selamat Datang

website ini telah dikunjungi

460

kali