KONSTITUEN FEDERASI
Serikat Pekerja Pertamina-Unit Pemasaran I (SPP-UPms I Medan)
Serikat Pekerja Pertamina Seluruh Indonesia UPms I Tanjung Uban (SPPSI UPms I Tanjung Uban)
Serikat Pekerja Kilang Minyak Putri Tujuh (SP KMPT) RU II Dumai
Serikat Pekerja Pertamina Pemasaran & Niaga (SP3N) Sumbagsel
Serikat Pekerja Pertamina (SPP) RU III Plaju
Serikat Pekerja Pertamina Seluruh Indonesia (SPPSI) Jakarta
Serikat Pekerja Pertamina Unit Pemasaran III (SPP-UPms III) Jakarta
Serikat Pekerja Forum Komunikasi Pekerja & Pelaut Aktif (SP FKPPA) Jakarta
Serikat Pekerja PERSADA IV Jateng & DIY
Serikat Pekerja Pertamina Balongan Bersatu (SP PBB)RU VI Balongan
Serikat Pekerja Pertamina Patra Wijaya Kusuma (SPP PWK) RU IV Cilacap
Serikat Pekerja Pertamina Sepuluh November (SPPSN) MOR V Surabaya
Serikat Pekerja Mathilda Balikpapan
Serikat Pekerja Pertamina Celebes UPms VII Makassar
Serikat Pekerja Pertamina Kawasan Timur Indonesia (SPP KTI) RU VII Kasim
Serikat Pekerja Mutiara Jayapura
Serikat Pekerja Pertamina Geothermal Energy Jakarta (SP PGE Jakarta)
Serikat Pekerja Pertamina EP Jakarta (SP PEP Jakarta)

Omong Kosong, Blok Rokan Diberi Gratis ke Pertamina

Pengelolaandan  pengoperasian Blok Rokan diserahkan ke PT Pertamina mulai tanggal 9Agustus 2021. Namun demikian hingga saat ini, pihak Pertamina belum diberi ruang gerak untuk melakukan transisi seperti dilakukan dalam model bisnissejenis.

Kondisiitu dirasakan sangat beda ketika transisi kontrak blok Mahakam dari PT TEPI kePertamina yang dilaksanakan selama dua tahun sebelum berakhirnya masa kontrak,ungkap  petinggi Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) ArieGumilar dalam konferensi pers di Jakarta Pusat, Kamis siang, (6/2/2020).

“Olehsebab itu, FSPPB menduga PT CPI tidak melakukan investasi melalui kegiatanpengeboran dan sejenisnya. Tindakan seperti itu dikhawatirkan untuk pencapaianproduksi blok Rokan akan terus mengalami penurunan terutama setelah masaterminasi. Dimana Pertamina saat itu akan mengelola Blok Rokan, sehingga akanmenjadi kontra produktif bagi Pertamina dan Negara,” kata Presiden FSPPB, ArieGumilar.

SambungArie lagi, “Kenyataannya saat ini, langkah Pertamina untuk melakukan kegiatandi masa transisi ini tidak semudah saat mengambil alih blok Mahakam. Jadi,karpet merah seperti diungkapkan pihak Kementerian ESDM yang disediakan bagiPertamina ini tidaklah gratis. Pihak PT CPI hanya memberi ruang Pertamina untukmasuk apabila Pertamina mengakuisisi atau membeli Participating Interest (PI)PT CPI. Ditambah lagi Pertamina diminta untuk menanggung seluruh komponenliabilitas  atau beban-beban biaya PT CPI, atau dalam istilah merekaadalah Clean break exit,” beber Arie Gumilar.

Jadi,seluruh aset dan liabilitas, baik direct maupun indirect dari PT CPI harusditanggung Pertamina  sejak tanggal efektif transaksi yaitu 31 Juni 2018.Hal yang menjadi tanggung jawab Pertamina itu diantaranya terkait permasalahantanah terkontaminasi minyak yang sampai saat ini belum diselesaikan oleh PTCPI.

“Pertaminaharus menanggung beban untuk past service liabilities para pekerja Chevron danbeban lainnya dimana semua beban tersebut bila dikalkulasikan nilainyadiperkirakan bisa mencapai lebih dari 1,8 miliar USD. Atau jauh lebih besardari

nilai asetdan produksi sampai dengan Tahun 2021 yang diperkirakan hanya mencapai 600-anjuta USD,” ungkap Arie.

Kondisi diatas itu menurut FSPPB  harus disikapi karena Negara sebagai PemegangKuasa Pertambangan seperti tidak hadir. “Dimana masa transisi untuk investasidan akses data operasi blok Rokan kepada

Pertaminasemestinya dapat dilakukan karena semua sarana prasarana Blok Rokan termasukdata operasional hakikatnya adalah milik Negara tanpa harus ada pembelian PI PTCPI,” tegasnya.

Lebihlanjut Arie menyampaikan, “Pemerintah gagal dalam pengelolaan blok migas,mengingat data masih dikuasai hanya oleh PT CPI.  Padahal data ini adalahmilik Negara dengan biaya dari negara melalui cost recovery. Pertamina pernahmengatakan, bahwa rencana pembelian PI PT CPI adalah

memudahkanPertamina dalam masa transisi,” ujar Arie.

Disampingitu, apabila ini dipenuhi, Pertamina juga dapat memperoleh data blok tersebut,yang saat ini dikuasai PT CPI. Pertamina akan terbebani tambahan beban yangseharusnya menjadi kewajiban dan ditanggung oleh PT. CPI.

“Apakahini konspirasi yang sengaja dilakukan oleh para oknum tertentu untukmemindahkan beban PT CPI menjadi beban Pertamina?” kata Arie.

PeralihanBlok Rokan yang penuh tanda tanya ini,  FSPPB pun menolak rencana akuisisiatau pembelian PI PT CPI. FSPPB juga meminta Pemerintah dengan segalakewenangannya untuk memerintahkan PT CPI, agar lebih kooperatif. PT CPI dimintaterbuka kepada Pertamina untuk berinvestasi dalam rangka menjaga produksi BlokRokan agar tidak menurun.

“FSPPBjuga meminta kepada PT CPI tidak membebankan keharusan mengakuisisi ataumembeli PI PT CPI kepada Pertamina, yang hanya berumur hingga tanggal 8 Agustus2021,” katanya.

FSPPBberharap Pemerintah hadir dalam proses transisi dan memastikan terlaksananyainvestasi tanpa ada prasyarat yang harus ditanggung oleh Pertamina. Karena padadasarnya Pertamina telah memenuhi kewajiban pembayaran signature bonus kepadaPemerintah sebagai pemegang kuasa tambang, imbuhnya.

“Apabilasikap dari FSPPB tidak  ditanggapi positif, FSPPB akan mengambillangkah-langkah yang  dianggap perlu. Itu dilakukan guna menjagakelangsungan bisnis Pertamina serta menjaga kedaulatan energi,” pungkasArie./PAM

 

Sumber https://www.gardaindonews.com/omong-kosong-blok-rokan-diberi-gratis-ke-pertamina/

13-Feb-2020 00:00:00
Dikirim Oleh : Administrator
SUARA AKTIVIS
Bambang RH
06-Jul-2015 07:43:57

BlOK MAHAKAM

Meski sudah 100% di katakan ...
Readmore

-
Rinson Gultom
30-Nov-1999 00:00:00

Sebagai Insan Pertamina yang bekerja di ...
Readmore

-
02-Jul-2015 08:15:22

Ditugaskan di Pertamina mau tidak mau, ...
Readmore

-
30-Jun-2015 06:51:10
FSPPB sebagai wadah bersatuanya Serikat Pekerja-Serikat Pekerja ...
Readmore
-
Adriwal
29-Jun-2015 08:58:46

Blok Mahakam adalah kepunyaan Bangsa Indonesia.

Untuk ...
Readmore

-
Noviandri
30-Nov-1999 00:00:00
Halo Aktivis
Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh
Salam sejahtera bagi kita ...
Readmore
-
26-Jun-2015 09:07:33
Melihat bahwa kemandirian Serikat Pekerja adalah syarat mutlak dalam membangun ...
Readmore
-
Abdul Halim
26-Jun-2015 09:09:43
Menjadi aktivis Serikat Pekerja merupakan suatu pilihan. Ketika sudah menceburkan ...
Readmore
-
< >

Selamat Datang

website ini telah dikunjungi

3634

kali